Sabtu, 03 Oktober 2009

ISTILAH DALAM PENCAHAYAAN

Umbrella : Aksesori lampu berbentuk payung yang digunakan untuk memantulkan cahaya dari lampu. Cahaya yang dihasilkan bersifat menyebar dengan merata terdiri dari bahan perak, putih dan transparan.

Globe : Aksesori yang memberikan cahaya 360o, mirip seperti lampu biasa digunakan sebagai background untuk memberikan cahaya yang sangat merata dan bayangan yang lembut.

Striplite Softbox: Aksesori lampu yang dibuat dari bahan transparant yang berguna untuk menghaluskan atau melembutkan cahaya. Biasa digunakan untuk pencahayaan dari arah samping.

Striplight : Lampu yang berbentuk langsing memanjang menghasilkan outline yang tajam dan bayangan dengan pinggiran yang halus.

Snoot : Aksesori yang berbentuk kerucut dengan lubang kecil diujungnya. Dipasang pada lampu untuk menghasilkan cahaya yang sangat terkonsentrasi.

Lambency : Diffuser atau pelembut cahaya yang dipasang pada kamera, untuk menyebarkan dan melembutkan cahaya.

Honey comb: Grid yang terdiri dari sel-sel berbentuk heksagonal. Digunakan untuk melembutkan cahaya serta untuk mengkonsentrasikan arah cahaya.

Catch Light : Refleksi atau pantulan cahaya yang terdapat pada mata model.

Optical Slave: Alat penerima cahaya yang dipasang pada kamera flash, untuk memicu flash apabila mendapat kilatan cahaya dari sumber lain.

Flash : Lampu yang dipasang langsung pada badan kamera intensitas cahayanya keras dan terarah.

Tidak ada komentar: